Langsung ke konten utama

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Hasil gambar untuk algoritma.png
Apa itu algoritma?
Algoritma adalah langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk memecahkan suatu masalah. contoh ketika kita mau membuat nasi goreng langkah-langkah adalah:
1. menyiapkan alat & bahan-bahan
2. memasak bahan-bahan dengan alat yang udah disiapkan
3. menyajikannya

logis ? iya
sistematis ? iya

contoh lain adalah ketika mencari luas persegi panjang
1. ketahui panjang
2. ketahui lebar
3. kalikan panjang dan lebarnya
4. hasil nya disimpan di variabel luas

logis ? iya
sistematis ? iya

lalu dari tadi yang dimaksud logis dan sistematis itu seperti apa sih?

logis yang dimaksud adalah ketika kita mau memecahkan suatu masalah seperti membuat nasi goreng tadi kita harus menyiapkan alat & bahan-bahan yang sesuai gak mungkin dong kita mau membuat nasi goreng tapi alatnya itu pake gergaji atau bahannya pake sendal tukang baso wah itu mah bener-bener gak logis ya. contoh yang kedua tadi ketika kita mau mencari luas persegi panjang berarti informasi yang kita butuhkan ya pasti panjang dan lebarnya kan? bukan tinggi atau pun kecepatan kan gak nyambung juga ya nah begitulah yang disebut logis

lalu, yang dimaksud dengan sistematis adalah langkah-langkah untuk memecahkan masalahnya udah bener belum? contoh tadi ketika kita membuat nasi goreng gak mungkin dong langkah pertama nya disajikan dulu, dimasak juga belum, lalu contoh yang kedua mencari luas persegi panjang gak mungkin langkah pertamanya itu mengkalikan panjang dan lebarnya terlebih dahulu baru kita cari tahu panjang dan lebarnya , ya itu mah sia-sia, 

itu lah alasannya mengapa pengertian algoritma itu ada yang namanya sistematis dan logis supaya masalahnya itu tadi terpecahkan

lalu apa itu pemrograman?
pemrograman adalah proses mengimplementasikan algoritma tadi ke dalam komputer yang ditulis dengan bahasa pemrograman.

dalam implementasi nya kita akan mengenal istilah compiler. 
compiler bisa diartikan juga sebagai penerjemah atau jembatan antara algoritma dengan bahasa pemrograman

contoh : di dunia ini banyak bahasa yang digunakan ada yang bisa bahasa indonesia bahasa inggris bahasa prancir dan lain sebagainya

lalu bagaimana jika orang indonesia yang tidak bisa berbahasa inggris bertemu dengan orang inggris yang tidak bisa berbahasa indonesia? wah pasti pada gak nyambung ya? nah orang yang bisa berbahasa inggris dan indonesia ini lah yang akan menjadi penerjemah nya atau (compiler) .
oke mungkin segitu dulu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan kata, terima kasih :)

Komentar

Pos populer dari blog ini

Sekilas tentang saya

    Hai nama saya Ade Pranaya, biasa dipanggil Ade, lahir 11 januari 1998 di Manggar, Belitung Timur.hobi saya bermain basket, game, dengar musik, baca buku, beatbox, coding.
 oh iya selain saya dipanggil Ade terkadang saya juga dipanggil Depran. Loh kok jadi Depran? asal mula saya dipanggil Depran berawal dari teman saya yaitu Luthfiani Rizka Wijaya, mungkin saya mengenal dia sejak SMP melalui teman saya Muhammad Ikram, ntah dia sudah mengenal saya atau belum pada waktu itu yang jelas kami saling akrab ketika masuk di bangku  SMA yang sama yaitu SMAN 1 MANGGAR,  nah karena ia sebelum nya pindahan dari pulau jawa dan terbiasa berbahasa sunda, untuk menyebutkan atau memanggilkan nama saya ia selalu memanggil nama saya jadi Adek,nah disitu saya selalu komplain kepada dia untuk tidak menambahkan huruf  "k" dibelakang nama saya , yah walaupun panggilan itu tepat karena umur dia lebih dewasa dibandingkan saya tetapi aneh rasanya jika teman seangkatan memanggil nama seperti itu h…

Pengalaman Kuliah Selama 2 Semester #part_2/2

Lanjutan dari Pengalaman Kuliah Selama 2 Semester #part_1/2 sesuai janji ku , aku akan melanjutkan bagaimana pengalaman/kisah kuliah ku selama 2 semester ini :D , please sekali lagi kisah kuliah, bukan kisah cinta ya #nobaper #gaje #krikkrik :" oke jadi setelah kemarin aku cerita mata kuliah yang menyenangkan mungkin kali ini aku akan menceritakan tentang mata kuliah yang cukup menyebalkan bukan karena mata kuliah nya yang susah tapi aku nya sendiri sih yang susah untuk memahami nya *tears :" dan kalian tau apa jawaban nya? bukan matematika, tapi mata kuliah umum . salah satu mata kuliah umum adalah bahasa indonesia , loh kok bahasa indonesia? iya bagi ku itu tuh salah satu mata kuliah yang cukup sulit dimengerti  , kok bisa? bukannya kamu orang indonesia? iya itu benar , tapi yang sulit itu ketika kita disuruh mengarang kita malah berpikir dan ketika kita disuruh berpikir itu malah mengarang dan itu sangat menyebalkan :'D *kutipan tidak langsung kang kamaludin suci 6 ,…