Langsung ke konten utama

Tutorial Pembangunan aplikasi panorama sederhana dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 - PART 1


Langkah - langkah pembangunan aplikasi sederhana panorama dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0



1. pada kategori Create New, pilih ActionScript 3 atau File -> new -> ActionScript 3.0 klik OK



2. Untuk membuat movie_clip panorama nya , pilih Insert -> New Symbol



3. Beri nama panorama_mc lalu klik OK


4. Jika sudah maka tampil anda masuk ke editor panorama_mc




5. Pilih File -> Import -> Import to Library


6. Pilih gambar panorama yang kalian miliki atau yang sudah kalian download, klik OK

7. Cek Library kalian, atau jika tidak ada pilih Window -> Library atau (CTRL + L) maka tampilan nya akan seperti ini


8. Drag and drop gambar kalian ke dalam stage


9. Pilih Properties atau Window Properties (CTRL + F3) lalu ubah x nya menjadi 0, dan y nya menjadi 0
catatan : jika tidak ada tampilan x dan y nya klik dulu objek gambar pada stagenya


10. Pada Timeline klik frame ke 100 -> klik kanan -> Insert KeyFrame, 



11. Pada Frame 100 klik objek gambar pada stage lalu pilih properties dan ubah x nya menjadi -500.



12. Pada Timeline silahkan untuk Seleksi atau Blok frame 1 sampai 100


13. Lalu Klik Kanan -> Classic Tween, maka hasilnya seperti pada gambar berikut
keterangan : ini akan membuat gambar kita bergerak ke kiri atau dari sumbu (0,0) menjadi (-500,0)



14. Kembali ke Scene 1

15. Pilih library lalu drag and drop panorama_mc ke dalam stage maka hasilnya akan seperti berikut

16. buatlah layer baru dengan menekan tombol yang di pojok bawah kiri
17. klik dua kali pada nama layer 1 dan ubahlah menjadi background 

18. ubah nama layer 2 menjadi mask

19. Pada Layer Mask (atau sebelumnya layer 2) Pilih tools rectangle atau tekan tombol R lalu buat lah persegi panjang


20. Klik Kanan Pada Layer Mask -> Mask
before 

after

21. Silahkan tekan tombol CTRL + ENTER untuk melihat hasilnya


Demikian tutorial PART 1 ini, selanjutnya pada PART 2saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menggerakkan panorama nya dengan keyboard. Terima kasih, semoga bermanfaat :)




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Apa itu algoritma?
Algoritma adalah langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk memecahkan suatu masalah. contoh ketika kita mau membuat nasi goreng langkah-langkah adalah: 1. menyiapkan alat & bahan-bahan 2. memasak bahan-bahan dengan alat yang udah disiapkan 3. menyajikannya
logis ? iya sistematis ? iya
contoh lain adalah ketika mencari luas persegi panjang 1. ketahui panjang 2. ketahui lebar 3. kalikan panjang dan lebarnya 4. hasil nya disimpan di variabel luas
logis ? iya sistematis ? iya
lalu dari tadi yang dimaksud logis dan sistematis itu seperti apa sih?
logis yang dimaksud adalah ketika kita mau memecahkan suatu masalah seperti membuat nasi goreng tadi kita harus menyiapkan alat & bahan-bahan yang sesuai gak mungkin dong kita mau membuat nasi goreng tapi alatnya itu pake gergaji atau bahannya pake sendal tukang baso wah itu mah bener-bener gak logis ya. contoh yang kedua tadi ketika kita mau mencari luas persegi panjang berarti informasi yang kita butuhkan ya pasti…

Mengapa Memahami Objek itu penting untuk Menjadi OO Programmer yang Sukses?

diambil dari buku : "Beginning Java Objects From Concepts to Code, Second Edition" yang ditulis oleh :  Barker,jackuie
isi dari buku tersebut saya terjemahkan dengan bantuan mbah google , jadi mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang dipahami tetapi sudah saya perbaiki semaksimal saya . berikut isi dari buku tersebut sesuai dengan judul diatas: Sering sekali, saya bertemu pengembang software di tempat saya kerja, di kantor klien, di konferensi profesional, dan di kampus-kampus yang telah berusaha untuk menguasai suatu bahasa pemrograman berorientasi objek seperti Java dengan mengambil kursus di java, membaca buku tentang Java, atau menginstal dan menggunakan lingkungan Java terintegrasi pengembangan (IDE) seperti JBuilder atau Sun One Studio. Namun, ada sesuatu fundamental yang hilang dari hampir semua pendekatan ini: pemahaman dasar dari semuanya tentang benda apa dan, lebih penting, pengetahuan tentang bagaimana struktur aplikasi perangkat lunak dari bawah ke atas untuk …